Close

07/06/2017

PENTINGNYA MPASI BAYI

PENTINGNYA MPASI BAGI BAYI

Alasan kenapa MPASI harus dimulai pada umur 6 bulan atau 180 hari adalah:

1. Kebutuhan nutrisi dan nafsu makan sudah tidak bisa dipenuhi sepenuhnya hanya dari ASI (dan susu formula bagi bayi yang tidak disusui).
2. Cadangan nutrisi penting seperti zat besi sudah habis terpakai dan tidak bisa dipenuhi hanya dari ASI lagi.
3. Perkembangan sistema persarafan dan oro-motorik telah mulai meningkat dari hanya menghisap menjadi menggigit dan bahkan mengunyah.
4. Bayi juga telah mulai tumbuh gigi.
5. Kemampuan bayi mengontrol lidahnya sudah lebih baik.
6. Refleks menjulurkan lidah menolak objek padat yang memasuki mulutnya telah menghilang dan bayi telah mulai bisa duduk sendiri sehingga mulai bisa lebih lama menikmati makanan yang lebih padat.
7. Sistem pencernaan telah berkembang sempurna sehingga telah mampu mencerna makanan seperti karbohidrat dengan lebih baik.
8. Rasa penasaran akan aneka tekstur dan rasa dari lingkungan sehingga fase eksplorasi ini sangat berguna saat pengenalan makanan baru.

Energi yang dibutuhkan bayi Indonesia dari MPASI sekitar 200 kkal/hari pada umur 6 – 8 bulan, 300 kkal/hari pada umur 9 – 11 bulan dan 550 kkal/hari pada umur 12 – 23 bulan.

Persiapan dalam MPASI
Ibu-ibu perlu tahu juga! Bayi membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan makanan lain selain ASI, Ibu harus sabar dan memberikan dorongan kepada bayi untuk mau makan, jangan memaksa bayi untuk makan, serta menjaga kebersihan seperti mencuci tangan sebelum mempersiapkan MPASI, menyimpan makanan dengan aman dan langsung di konsumsi setelah disajikan, menggunakan alat yang bersih saat membuat dan menyajikan MPASI, menggunakan cangkir dan mangkuk yang bersih saat memberikan MPASI, dan hindari penggunaan botol dot karena susah menjaga kebersihannya untuk menghindari diare dan penyakit lain2,3.

Teknik Pemberian MPASI
Pemberian MPASI menjadi ajang bagi smart moms untuk mengenalkan rasa dan tekstur makanan pada bayi sehingga tidak ada masalah makan dikemudian hari. World Health Organization (2003) mengeluarkan rekomendasi tentang praktik pemberian makan bayi yang benar yaitu: memberikan MPASI pada usia genap 6 bulan sambil melanjutkan ASI sampai 24 bulan; bergizi lengkap dan seimbang yang berasal dari makanan mengandung energi, protein, zat besi, asam amino, dan seng; meningkatkan kebersihan dan keamanan makanan; serta diberikan dengan cara yang benar.

(sumber : duniasehat.net, indonesiabergizi.org)

Facebooktwitterpinterest